Bagaimana Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Tujuan Membuat Surat Lamaran
Memperkenalkan   diri  secara  tertulis  dengan  tujuan  untuk  memperoleh   jawaban  dapat mengikuti tes seleksi.

Bagaimana Membuatnya
Usahakan surat lamaran memberikan kesan positif dan meyakinkan bahwa Anda layak diperhitungkan.  Buatlah  lamaran  dan  CV  yang  mampu  membuat  HRD  terkesan.  Jangan hanya format standar.

Tips Membuat Surat Lamaran
1.   Tampilan surat: Bersih, rapi, singkat dan jelas.
  •       Surat diketik rapi
  •       Cetak dengan tinta yang jelas
  •       Kertas surat ukuran A4 atau Folio
  •       Cukup satu halaman

2.   Isi Surat:
  • Bahasa surat disesuaikan dengan: bahasa iklan lowongan kerjanya, apakah perusahaan asing/patungan/nasional,  adakah syarat berbahasa inggris aktif.
  • Gaya bahasa, formal, singkat, padat dan jelas, tidak bertele -tele.
  • Inti isi surat: Identitas  diri (nama,  alamat,  telpon,  tgl lahir, pendidikan) dan Kualifikasi (kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan syarat di iklan serta kemamuan pendukung lain yang relevan)

3.   Lampiran
  • Pas foto terbaru, berwarna, ukuran 3x4 atau 4x6 satu buah.
  • Foto saat menggunakan pakaian formal berkerah, jangan kaos/blus
  • Daftar Riwayat Hidup, buat sendiri, jangan men ggunakan formulir yang dijual umum di toko.
  • Fotokopi ijasah.
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi sertifikat pendukung
  • Fotokopi KTP, kesehatan, dll (sesuai permintaan)
Kesalahan Fatal Dalam Membuat Surat Lamaran
Kesalahan  fatal  yang  sering  dilakukan  pelamar  adalah  mencantumkan  2  posisi  sekaligus dalam sebuah surat lamaran. Seperti:

“…saya  mengajukan  lamaran  untuk  posisi  Web  Design  atau  Programmer  di  perusahaan Bapak…”

Jangan pernah lakukan itu atau Kamu tidak akan masuk seleksi!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Membuat Surat Lamaran Pekerjaan"

Post a Comment

Silahkan di komen....